Perkembangan teknologi berbanding lurus dengan kemajuan zaman, salah satunya dalam penerapan surat elektronik yang ketika ini tak cuma menjadi sarana untuk berkomunikasi, melainkan juga menjadi sarana untuk pemasaran.Memakai surat elektronik sebagai sarana pemasaran disebut sebagai surat elektronik marketing. Surel menjadi zona pemasaran yang tak boleh terlewat. Tapi, rupanya masih terdapat sebagian pebisnis yang belum tahu bagaimana sistem mengawali surat elektronik marketing.
Kiat Mengawali Surel Marketing
Dalam Tulisan ini kita akan membahas sebagian kiat dalam mengawali surat elektronik marketing yang berkhasiat untuk bisnis Anda
1. Pilih Surel Marketing Tools yang Ideal
Surel marketing tools akan benar-benar mempermudah Anda. Oleh sebab itu dalam mengawali surat elektronik marketing, hal yang pertama kali mesti dilaksanakan yaitu memilih dan abonemen sebuah surat elektronik marketing tools. Salah satu manfaatnya yaitu Anda bisa mengirim surat elektronik ke pelbagai orang sekalian yang telah ada di dalam surat elektronik list atau daftar lead Anda. Surel marketing tools kebanyakan juga menawarkan pelbagai variasi fitur lain seperti template, manajemen kontak, sampai fitur tracking surat elektronik, dan lain – lain.
2. Kumpulkan Daftar Kontak
Yang berikutnya perlu Anda lakukan yaitu mengumpulkan kontak yang akan Anda kirimi surat elektronik. Ada banyak sekali sistem untuk mengumpulkan kontak, melainkan hindari sistem yang instan, seperti membeli daftar surat elektronik.
Lebih bagus apabila Anda mengirimkan surat elektronik dengan jumlah kontak yang sedikit, ketimbang mengirim surat elektronik untuk orang – orang yang malahan tak mengenal bisnis Anda. Anda juga dapat membikin sebuah konten dan juga landing page untuk mengumpulkan lead yang dapat saja Anda jadikan surat elektronik list Anda.
3. Desain Surel yang Menarik
Desain surat elektronik yang menarik tentu dapat saja menarik perhatian dari para pelanggan. Usahakan membikin desain yang dapat mencerminkan bisnis Anda, dan jangan lupa buatlah Call To Action yang menarik. Anda juga dapat mengaplikasikan pelbagai variasi template yang tersedia di surat elektronik marketing tools Anda.
4. Konten Surel Marketing yang Bagus
Surel yang persuasif akan menjadi sistem terbaik Anda untuk menarik perhatian para pelanggan. Kecuali itu pastikan artikel Anda bisa dimengerti dengan bagus oleh pelanggan Anda.
Anda bisa membagi surat elektronik ke dalam 3 komponen penting :
- Headline
- Isi surat elektronik
- Call to action
Tak cuma konten dari surat elektronik, luangkan juga waktu untuk membikin subjek surat elektronik. Buatlah subjek surat elektronik Anda sesingkat mungkin, tak lebih dari 40 karakter.
5. Percobaan Surel Anda Khusus Dulu
Sebelum mengawali pelaksanaan surat elektronik marketing ada bagusnya Anda mengerjakan percobaan surat elektronik lebih-lebih dulu sebelum mengirimkannya. Sehingga Anda bisa mengecek apakah masih ada kekeliruan atau kekurangan di dalam surat elektronik yang telah diwujudkan. Anda juga bisa mengenal apakah surat elektronik yang dikirimkan nantinya akan mengarah ke spam atau tak. Apabila telah oke saatnya Anda mengawali pelaksanaan surat elektronik marketing Anda.
Saatnya Mengawali Surel Marketing
Satu lagi kiat singkat untuk Anda, observasi timing dari surat elektronik Anda. Akan dibutuhkan sebuah riset untuk dapat mempertimbangkan kapan waktu pas untuk mengirimkan surat elektronik. Sesudah menerima waktu yang pas, pastikan untuk senantiasa tetap saat mengirim surat elektronik untuk dapat menerima efek yang optimal.
Berikut yaitu sebagian kiat yang bisa dilaksanakan dalam mengawali surat elektronik marketing, mulai dari dari memilih tools yang paling pas sampai pelaksanaan pengiriman. Kalau Anda mempunyai pertanyaan atau anggapan yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share tulisan ini.